SEHATKAN BADAN, IBU-IBU DUSUN MERTEN ANTUSIAS IKUT SENAM SORE

Merten 23 Januari 2023 12:06:58 WIB

Merten (17/01/202)--  Senam sore Merten dilaksanakan tanggal 17 Januari di halaman Rumah Bapak Dusun Merten pada pukul 15.30 dan dihadiri oleh 34 peserta mayoritas ibu-ibu. Semangat ibu-ibu Pedusunan Merten dalam melaksanakan senam sangat besar mengingat senam memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari (https://manfaat.co.id/manfaat-senam-sore ), senam memberikan segudang manfaat bagi tubuh seperti:

  1. Lebih Berpikir Konsekuensi Dibandingkan Tindakan. Ketika sore atau malam hari, biasanya memang diisi dengan berbagai aktivitas santai seperti minum teh, menonton televisi, makan bersama teman dan lain sebagainya. Namun ketika anda merencanakan untuk melakukan senam sesudah bekerja, maka berbagai aktivitas menyenangkan namun kurang baik tersebut secara otomatis akan berkurang. 
  2. Membuat Tidur Lebih Nyenyak. Jika anda termasuk orang yang sulit tidur di malam hari, melakukan senam saat sore menjadi pilihan bagus untuk dilakukan. Sesudah melakukan senam, maka energi akan terkuras dan membuat anda lebih cepat mengantuk sehingga anda bisa tidur lebih pulas dan bangun dalam kondisi tubuh yang lebih segar.
  3. Lebih Mudah Dijadikan Kebiasaan. Umumnya orang sedikit merasa terpaksa jika harus bangun pagi untuk berolahraga sehingga sulit menjadikan kegiatan bermanfaat ini sebagai kebiasaan khususnya jika baru saja begadang di malam hari. Jika ini yang memang anda alami, maka senam saat sore menjadi pilihan tepat sebab tidak terlalu memaksa anda. Anda bisa melakukan senang di sanggar ataupun di rumah tanpa perlu repot untuk mengalahkan rasa kantuk di pagi hari.
  4. Memulihkan Diri Dari Stress. Kelebihan lain ketika anda melakukan senam saat sore hari adalah bisa memulihkan diri dari stres yang terjadi karena beban pekerjaan. Anda hanya perlu melakukan senam sekitar 30 menit saat sore hari sehingga berbagai stress dan rasa pegal pada tubuh akan hilang. 
  5. Meningkatkan Aktivitas Enzim dan Fungsi Otot. Melakukan senam saat sore hari juga sangat baik untuk meningkatkan aktivitas enzim serta fungsi otot sekaligus merileksasi tubuh sesudah beraktivitas seharian penuh. Untuk itu, senam saat sore hari menjadi pilihan yang baik dilakukan sesudah selesai beraktivitas.
  6. Meningkatkan Penyerapan Oksigen. Olahraga saat sore hari termasuk senam dan  meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap oksigen. Nantinya, reaksi juga bisa lebih cepat dan juga lebih fokus untuk melakukan sesuatu. Selain itu, saat sore hari detak jantung dan juga tekanan darah akan lebih rendah sehingga bisa menurunkan risiko cedera ketika performa tubuh sedang meningkat.
  7. Menemukan Ritme Tubuh Sesuai. Senam sore bisa dijadikan pilihan sempurna untuk anda yang memang lebih aktif ketika sore sampai malam hari. Ini mengartikan jika anda memiliki ritme sirkadian atau jam internal tubuh yang sudah terbiasa melakukan aktivitas menjelang sore. Ritme tubuh nantinya bisa menyesuaikan perubahan tersebut dengan sendirinya sehingga tidak akan membingungkan anda.

Komentar atas SEHATKAN BADAN, IBU-IBU DUSUN MERTEN ANTUSIAS IKUT SENAM SORE

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License