Mahasiswa KKN-M UNY Ajak Anak-Anak Merten Belajar Mengenal Emosi Lewat Feel Meter dan Puzzle Emosi

Merten 04 Desember 2025 15:49:04 WIB

Merten-Gadigharjo, Pada hari Minggu, (30/11/2025), mahasiswa KKN-M UNY melaksanakan kegiatan pengajaran kepada anak-anak Dusun Merten dengan materi feel meter dan puzzle emosi. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak mengenali, memahami, dan mengekspresikan berbagai jenis emosi dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

 

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa menggunakan media feel meter sebagai alat bantu visual untuk menunjukkan tingkat dan jenis emosi, mulai dari senang, sedih, marah, takut, hingga bangga. Anak-anak diajak mengidentifikasi bagaimana perasaan mereka pada hari itu dan belajar menyampaikan emosi dengan cara yang tepat.

 

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan puzzle emosi, di mana anak-anak menyusun potongan gambar ekspresi wajah untuk mencocokkannya dengan jenis emosi tertentu. Aktivitas ini melatih kemampuan mereka dalam membaca ekspresi, mengenali perasaan orang lain, serta meningkatkan empati dalam kehidupan sehari-hari.

 

Penggunaan media visual dan permainan edukatif membuat suasana belajar lebih hidup. Anak-anak terlihat antusias berpartisipasi, saling berdiskusi, dan mencoba menyelesaikan puzzle bersama-sama.

 

Mahasiswa KKN-M UNY berharap kegiatan ini dapat membantu anak-anak memahami pentingnya mengenali dan mengelola emosi, sekaligus menumbuhkan kemampuan sosial-emosional yang bermanfaat dalam interaksi mereka sehari-hari.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License